Nama : Wulantika
Nim : 201311078
Prodi : Manajemen Informatika
Akademi
Manajemen Informatika dan Komputerisasi
AMIK IMELDA
T.A. 2015/2016
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesehatan dan kemudahan bagi
penulis sehingga dapat menyelesaikan
tugas observasi dan wawancara mata kuliah “BUSSINES PLAN” tentang Wulan’s Hijab. Dan terima kasih
kepada bapak M. JP. Sagala yang sudah memberikan bimbingan kepada penulis untuk
dapat menyelesaikan tugas ini.
Proposal ini dirancang sedemikian
rupa sehingga para wanita muslimah dapat mengerti dan memilih jenis-jenis hijab
yang trend di masa kini. Harapan penulis agar masyarakat dapat menerima produk
dari penulis dan tertarik untuk
membelinya.
Tiada gading yang tidak retak.
Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna baik dari
penulisan maupun isi. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran
dari pembaca agar proposal ini dapat lebih baik lagi.
Akhir kata penulis mengucapkan
terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyusunan proposal ini sebagaimana mestinya.
Medan, Januari 2016
Wulantika
DAFTAR ISI
Halaman
KATA
PENGANTAR
BAB
I :
A.
Latar Belakang Usaha 1
B.
Visi dan Misi Usaha 2
1. Visi Usaha 2
2. Misi Usaha 2
C.
Tujuan Usaha 3
D.
Peluang Usaha 3
E.
Profil Usaha 4
BAB II :
A.
Produk yang dijual 5
B.
Struktur Organisasi 8
C.
Aspek Keuangan 9
BAB III :
A.
Kesimpulan 10
B.
Saran 10
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
A.
Latar Belakang Usaha
Jilbab merupakan kata yang tidak asing
lagi ditelinga kita. Jilbab adalah kerudung wanita yang menutupi kepala dan
wajahnya apabila ia keluar untuk suatu keperluan. Banyak terdapat model-model
dan tipe jilbab disuguhkan kepada wanita muslimah untuk mempercantik diri. Pada
dasaranya jilbab berfungsi untuk menutup aurat wanita agarterhindar dari
hal-hal makisat.Terutama di Indonesia yang merupakan suatu negara dimana
rakyatnya mayoritas beragama atau
memeluk agama islam. Hijab kini bukan hanya sebagai identitas para wanita
muslimah, tetapi sudah menjadi karaketer bagi banyak wanita.
Kesadaran wanita muslimah untuk
menutup aurat semakin meningkat, sehingga dimasa sekarang banyak yang membuat
usaha hijab dengan berbagai macam motif dan ukuran. Dengan hijab, wanita akan
terlihat lebih cantik dan anggun. Apalagi apabila dilakukan dengan memodifikasi
jilbab yang digunakan dengan menjadi berbagai model dan diserasikan dengan
busana yang digunakan.
Jika
kita lihat sekarang ini sering kita jumpai model-model baju, hijab/jilbab dan
lain-lain yang didesain sedemikian rupa, semakin trendi dan menarik mengikuti
perkembangan zaman. Dengan desain-desain atau model-model terbaru, banyak para
wanita muslimah mengambil keputusan untuk berhijab.Dengan begitu kita pun bisa
saja memiliki peluang bisnis usaha berjualan hijab dan sangat menguntungkan di
tengah luasnya pasar.
Dengan melihat peluang pasar yang
begitu luas, potensi keuntungan yang tebal, dan peluang balik modal cepat,
membuat bisnis hijab sulit untuk diabaikan.Pelaku bisnis hijab mencoba meraih hati para hijabers agar
menjadi pelanggan. Kalau kita mampu
bersaing dengan pebisnis hijab yang lain maka kita akan mendapatkan keuntungan
secara pribadi karena toko hijab kita akan semakin banyak diminati oleh
masyarakat. Dan para pelanggan juga mendapat keuntungan karena mereka dapat
memakai hijab yang mereka inginkan dengan harga yang terjangkau.
Alasan saya membuat wirausaha hijab
ini berawal dari hobi saya yang suka mengoleksi berbagai model dan jenis hijab.
Hijab sekarang sudah menjadi barang yang biasa digunakan wanita muslimah,
bahkan tampilannya yang modis membuat hijab banyak diminati wanita muslimah.
Karena modis,maka pemakaiannya pun juga cepat ganti-ganti. Dan setelah dilihat,
peluang bisnis hijab di Indonesia cukup menjanjikan karena sudah ada pasarnya.
Karena telah merebaknya kebudayaan
berkerudung dikalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dan diantara
mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu-itu saja.
Terkadang mereka merasa malu menggunakan berbagai pernak pernik jilbab dan
cenderung merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk
jilbab dengan beraneka motif dan warna, serta dilengkapi dengan model maupun
cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita.
Bisnis hijab tidak bisa dianggap
remeh, sudah banyak contoh pebisnis hijab yang sukses karena fokus dan tekun
mendalami bisnis hijab ini. Dan ini menjadikan minat saya untuk membuka dan
mengembangkan usaha tersebut.
B.
Visi dan Misi Usaha
1.
Visi usaha :
-
Mampu membuka lahan bisnis dibidang hijab.
-
Menyediakan berbagai jenis jilbab (model, ukuran, warna).
-
Memberikan harga jual yang terjangkau oleh masyarakat.
-
Memberi peluang dan prospek kedepan yang baik.
-
Mampu menciptakan lapangan kerja baru.
2.
Misi usaha:
-
Mengembangkan usaha hijab yang mampu menumbuhkan keinginan
muslimah untuk menutup aurat dengan
memakai hijab.
-
Memberikan pelayanan yang
terbaik.
-
Menjual produk dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang
terjangkau.
C.
Tujuan Usaha:
-
Mendapat keuntungan
-
Menyediakan kebutuhan jilbab di wilayah sekitar tempat usaha.
-
Menambah keterampilan.
-
Membuat kebiasaan berhijab dikalangan muslimah.
-
Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis
bagi yang mengenakannya.
D.
Peluang Usaha Hijab
Dalam membangun usaha hijab, ada beberapa hal yang harus
diperhatikan, yaitu:
1.
Niat dan Fokus Mengembangkan Usaha
Seringkali pemula tidak fokus mengembangkan usaha, saat
usahanya tersendat, padahal saat ada masalah yang muncul justru disitulah
peluang naik kelas menjadi lebih besar.
2.
Mulai Usaha Hijab dari Kecil
Dulu
Untuk memulai bisnis itu perlu kesabaran, seringkali bernafsu
untuk cepat besar malah seringkali
membuat kita terjatuh.
3.
Pandai Memilih Model Hijab
yang Laku
Dalam membangun usaha hijab
tahap pertama yang dilakukan adalah mencari tahu bagaimana trend hijab sekarang
ini, model dan bahan yang lagi populer. Kita dapat menggunakan media online
untuk mencari tahunya. Selain itu kita juga dapat mengamati di mall-mall dan
melihat mereka yang menggunakan hijab, rata-rata menggunakan jilbab apa dan
cara memasangnya bagaimana. Mencari dimana bisa mendapatkan produk jilbab
tersebut, seperti pasar-pasar atau tempat lainnya hingga mendapatkan harga yang
menarik dengan bahan yang bagus. Jika telah menemukannya, lakukan pendekatan secara
personal terhadap pemilik usaha hijab tersebut.
4.
Perbanyak Model Hijab
Dizaman sekarang banyak orang
yang tidak mau jilbabnya sama, selalu ingin dengan hijab yang berbeda, dengan
memperbanyak model maka pelanggan bisa memilih model hijab yang diinginkan.
5.
Promosikan Produk
Promosi merupakan bagian dari
proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi
kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Promosi dapat dilakukan dengan
sejumlah media baik elektronik, cetak, maupun promosi langsung dari mulut ke
mulut.
Kita dapat memulai promosi
dari yang terdekat, seperti kepada teman-teman, saudara-saudara atau tetangga.
Jika mereka tertarik dengan produk kita maka secara otomatis akan terjadi
pembelian secara berulang dan bisa menjadi promosi tidak langsung atau promosi
dari mulut ke mulut. Selain promosi dari mulut ke mulut kita juga dapat
memanfaatkan media online sebagai sarana promosi untuk memulai usaha seperti
Facebook, Twitter, BBM atau yang lain-lain.
E.
Profil Usaha
-
Nama Usaha : “Wulan’s Hijab ”
-
Pemilik :
Wulantika
-
Alamat :
Jl. H. O. S. Cokroaminoto, Tanjung Balai
-
No. HP :
082361801362
-
Pin BB :
572894F9
BAB II
A.
Produk yang Dijual
1.
Jenis Barang
Jenis barang yang dijual adalah salah satu jenis kebutuhan masyarakat
yaitu jilbab. Jilbab yang dijual dalam usaha ini adalah jilbab dengan berbagai
merk, model, bahan, ukuran, dan warna.
Jenis-jenis jilbab yang akan dijual dalam usaha ini
antara lain:
Ø Jilbab paris polos : 7 lusin
Ø Jilbab paris bermotif : 6 lusin
Ø Jilbab pashmina
·
Pashmina LV :
6 lusin
·
Pashmina Burberry :
6 lusin
·
Pashmina Selma Mandira :
6 lusin
·
Pashmina Ima Katun :
6 lusin
·
Pashmina Spandek :
6 lusin
·
Pashmina Line Polkadot :
8 lusin
·
Pashmina Kaila Lenisya :
6 lusin
Ø Jilbab Bergo/instan
·
Jilbab Ghilda Danef :
6 lusin
·
Jilbab Hoodie Zaskia :
6 lusin
·
Jilbab Arabian Hoodie :
6 lusin
·
Jilbab Angelin :
6 lusin
Berikut
adalah beberapa gambar jilbab yang kami tawarkan:
1.
Kebutuhan Peralatan dan
Perlengkapan
Usaha ini juga memerlukan
beberapa peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk menunjang dalam proses
operasional penjualan.
Peralatan
dan perlengkapan yang dibutuhkan antara lain:
·
Etalase
·
Kepala manekin
·
Cermin
·
Hanger jilbab
·
Kursi plastik
·
Lampu
·
Meja
2.
Pelaksanaan Kegiatan
Usaha ini mulai beroperasi
mulai pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB dan pada hari minggu tidak libur. Jam
operasi tersebut dipilih karena mulai jam tersebut masyarakat yang telah
beraktivitas, sehingga secara tidak langsung akan menambah pengetahuan
masyarakat luar yang berlalu-lalangdisekitar tempat usaha. Sedangkan waktu
selesai operasi, yaitu pukul 20.00 WIB dipilih karena sampai jam tersebut masih
banyak orang-orang yang melakukan aktivitas diluar rumah, sehingga membuka
peluang untuk dapat menjual barang.
3.
Jumlah Tenaga Kerja
Jumlah tenaga kerja adalah 2
orang, 1 orang sebagai bagian penjualan dan 1 orang sebagai bagian pembelian
jilbab.
4.
Rencana perluasan Produk
Rencana perluasan usaha ini
yaitu dengan mendirikan cabang lain di wilayah yang potensial dan strategis,
bekerjasama dengan produsen jilbab di berbagai wilayah, membuka situs online
bagi para pembeli.
B.
Struktur
Organisasi
Pemilik usaha
Wulantika
|
Karyawan
Anzly Sinaga
|
Karyawan
Santriani
|
1. Pemilik Usaha
Disini
pemilik usaha menjelaskan sebagai yang punya usaha adalah saya sendiri (Wulantika) dan sekalian dalam bidang
manajemen usaha itu sendiri atau disebut sebagai pengelola.
2. Karyawan
Bisnis
usaha Wulan’s Hijab membutuhkan karyawan yang ahli dalam bidangnya yaitu penjualan , pada perusahaan saya ini
saya membutuhkan dua orang karyawan.
C.
Aspek Keuangan
1.
Biaya Peralatan dan
Perlengkapan:
Peralatan dan Perlengkapan
|
Banyak
|
Satuan Harga
|
Jumlah Harga
|
Etalase
|
2
buah
|
1.000.000
|
2.000.000
|
Kepala Manekin
|
8
buah
|
45.000
|
360.000
|
Cermin
|
4
buah
|
30.000
|
120.000
|
Hanger Jilbab
|
3
lusin
|
10.000
|
360.000
|
Kursi Plastik
|
4
buah
|
30.000
|
120.000
|
Lampu
|
4
buah
|
27.000
|
108.000
|
Meja
|
2
buah
|
35.000
|
70.000
|
Total Harga :
3.138.000
|
2.
Beban Variabel/ bulan:
Sewa Gedung
|
500.000
|
Biaya transportasi
|
100.000
|
Biaya gaji pegawai
|
750.000 x 2 orang=1.500.000
|
Biaya listrik
|
150.000
|
Total
|
3.
Biaya Pembelian Produk per
bulan:
Produk
|
Satuan Harga
|
Jumlah Harga
|
Jilbab Segiempat Polos
|
12.000
x 7 lusin
|
1.008.000
|
Jilbab Segiempat Bermotif
|
15.000
x 6 lusin
|
1.080.000
|
Jilbab Pashmina LV
|
30.000
x 6 lusin
|
2.160.000
|
Jilbab Pashmina Burberry
|
30.000
x 6 lusin
|
2.160.000
|
Jilbab Pashmina Selma Mandira
|
100.000
x 6 lusin
|
7.200.000
|
Jilbab Pashmina Ima Katun
|
35.000
x 6 lusin
|
2.520.000
|
Jilbab Pasmina Spandek
|
30.000
x 6 lusin
|
2.160.000
|
Jilbab Pashmina Line Polkadot
|
30.000
x 8 lusin
|
2.880.000
|
Jilbab Pashmina Kaila Lenisya
|
70.000
x 6 lusin
|
5.040.000
|
Jilbab Ghilda Danef
|
60.000
x 6 lusin
|
4.320.000
|
Jilbab Hodie Zaskia
|
50.000
x 6 lusin
|
3.600.000
|
Jilbab Arabian Hodie
|
30.000
x 6 lusin
|
2.160.000
|
Jilbab Angelin
|
50.000
x 6 lusin
|
3.600.000
|
Total Harga
|
|
34.008.000
|
4.
Produk yang terjual per bulan:
Produk
|
Banyak
|
Satuan Harga
|
Jumlah Harga
|
Jilbab Segiempat Polos
|
80
buah
|
17.000
|
1.360.000
|
Jilbab Segiempat Bermotif
|
70 buah
|
30.000
|
2.100.000
|
Jilbab Pashmina LV
|
65
buah
|
40.000
|
2.600.000
|
Jilbab Pashmina Burberry
|
65
buah
|
45.000
|
2.925.000
|
Jilbab Pashmina Selma Mandira
|
68
buah
|
110.000
|
7.480.000
|
Jilbab Pashmina Ima Katun
|
65
buah
|
45.000
|
2.925.000
|
Jilbab Pasmina Spandek
|
68
buah
|
40.000
|
2.720.000
|
Jilbab Pashmina Line Polkadot
|
90
buah
|
45.000
|
4.050.000
|
Jilbab Pashmina Kaila Lenisya
|
67 buah
|
80.000
|
5.360.000
|
Jilbab Ghilda Danef
|
65
buah
|
70.000
|
4.550.000
|
Jilbab Hodie Zaskia
|
65
buah
|
60.000
|
3.900.000
|
Jilbab Arabian Hodie
|
70
buah
|
45.000
|
3.150.000
|
Jilbab Angelin
|
65
buah
|
60.000
|
3.900.000
|
Total Harga
|
|
47.020.000
|
Perhitungan
Keuntungan Per Bulan
Target penjualan per bulan = Rp.
47.020.000
Modal per bulan = Rp. 34.008.000
Beban variabel per bulan = Rp.
2.250.000
Biaya peralatan = Rp. 3.138.000
Kesimpulan
perhitungan keuntungan per bulan
34.008.000
(3.138.000
+ 2.250.000)
=
Rp. 28.620.000
Total
keuntungan = Rp. 47.020.000 – Rp. 28.620.000
=
Rp. 18.400.000
Jadi,
total pendapatan saya dari penjualan hijab adalah Rp. 18.400.000 /bulan.
BAB III
A.
Kesimpulan
Dari proposal usaha ini dapat
disimpulkan bahwa membuka usaha penjualan jilbab sangat menguntungkan, memiliki
peluang sangat baik dalam jangka waktu yang panjang, mudah untuk dikembangkan,
selain itu usaha ini dapat menjaring tenaga kerja untuk mengurangi tingkat
pengangguran di Indonesia.
B.
Saran
Model jilbab yang terus
berubah dapat menyebabkan jilbab model sebelumnya menjadi kurang diminati oleh
masyarakat sehingga tingkat penjualannya pun menurun. Untuk itu dalam kegiatan
pembelian barang dagangan harus selalu mengikuti trend terkini sehingga tidak
akan terjadi penumpukan barang dagang yang belum terjual.
Agar Pelaksanaan suatu usaha
dapat berjalan dengan lancar, maka kami mempunyai beberapa saran, yaitu:
Ø Percaya dan yakin bahwa usaha
bisa dilaksanakan.
Ø Pandai berkomunikasi.
Ø Mempunyai etos kerja yang
tinggi.
Ø Mau mendengarkan kritik dan
saran dari orang lain.
Ø Tidak mudah putus asa.
DAFTAR PUSTAKA
file:///D:/DATA%20KAMPUS/Kewirausahaan/Kewirausahaan.htm, Perhitungan
Modal, Keuntungan. Tiwi, 2016.
file:///D:/DATA%20KAMPUS/Kewirausahaan/visi,%20misi%20dan%20tujuan.htm, Latar
Belakang Usaha. Yusi Cute, 2010.
artikel yang penuh ilmu, sangat bermanfaat Kak, terimakasih...
BalasHapusAplikasi Kasir Android Gratis
Mantap kak
BalasHapusCaesars welcomes legal sports betting in Virginia - KTNV
BalasHapusLAS VEGAS (KTNV) - Online sports betting in Virginia has officially kicked off. a casino 전라북도 출장샵 in South Korea, 부천 출장샵 the 이천 출장안마 National Lottery, 의왕 출장안마 and its 하남 출장샵